Beranda > Info, My World > [NEW] cara merawat battery laptop

[NEW] cara merawat battery laptop


Gan, melakukan sesutau tanpa ilmu, pasti hasilnya gak baik. Pengalaman ane nih gan, merawat battery laptop, tapi gak pake ilmu, akhirnya belum 2 tahun, uang 800an ribu melayang buat beli battery laptop baru, itupun bukan ori tapi KW, soalnya yang ori mahal gan. Banyak banget kesalahan yang ane lakukan, sering melepas battery laptop, trus cabut adaptor kalau battery laptop penuh.. well, langsung aja ane jabarin hal-hal pentingnya ya gan (asli dari kaskus):

  1. Katanya kalau laptop dinyalakan sambil discharge itu bikin battery nya ngedrop. Salah besar nih, Karena kalo dicharge bukan bikin ngedrop, malah untuk mengisi battery. Dalam artian, mengisi battery di sini bukan mengisi ampe gembung yah.. tapi mengisi kekurangan daya battery menjdai full, jika battery sudah full, tidak charging lagi, melainkan battery stand by ini disebut (floating voltage). Memang jaman dahulu battery tidak memliki controller floating, yang menyebabkan battery harus dicabut setelah penuh, tapi sekarang rata2 sudah menggunakan system itu.
  2. Supaya battery awet, lebih baik battery nya dicopot. Ini lebih parah lagi.. karena setiap battery itu memiliki cycle count.. semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, efeknya battery drop. Dan jangan pernah melakukan system CdC (charge discharge) dengan kata lain “apabila battery penuh, cabut adaptor, dan setalah battery habis, pasang adaptor” ini akan cepat merusak battery, controlling battery serta DC/DC Converter di mobo.
  3. Kaliberasi, tidak diperlukan untuk laptop yang sudah lama, efek kaliberasi:
  • Cycle count berkurang 1 cycle.
  • disaat discharge (pengosongan) tegangan battery akan menurun, dengan rumus V=I.R kita tahu jika tegangan turun, otomatis I (current) yang akan naik. Jika laptop masih baru sih bolehlah dikalibrasi karena komponen2 nya masih bagus2.. Bagaimana dengan laptop tua yang komponen2 nya sudah lemah??? ini musibah..
  • Disaat charging (pengisian) akan membutuhkan power yang sangat besar..kembali lagi ke laptop tua, ini akan berakibat rusaknya DC/DC Converter di Mobo dan Controlling Battery di battery.

baca lebih lengkap di sini atau di sini gan.

Kategori:Info, My World
  1. Adyanto Aditomo
    Desember 15, 2010 pukul 9:20 pm

    Bila sistem operasional battery di laptop mirip operasional UPS, maka logikanya dalam mengoperasikan laptop ya memang demikian: suplai daya listrik ke adaptor jangan pernah dilepas ketika Laptop dioperasikan.
    Soalnya, usia battery itu sangat tergantung dari berapa kali charge dan discharge nya.
    Ada yang usia batterynya bisa sampai 1000 kali charge & discharge, ada yang 2000 kali charge & discharge dan sebagainya.
    jadi selama ada suplai listrik, biarkan adaptor di colok ke listrik.
    Bila suplai listrik terganggu, otomatis suplai listrik untuk Laptop diambil alih oleh battery.
    Dalam merawat battery UPS, disarankan untuk dilakukan tes charge & discharge cukup 3 bulan sekali atau paling lambat setiap 6 bulan sekali.
    Tetapi apkah ketentuan tersebut juga berlaku untuk battery Laptop ???
    Saya tidak tahu.
    Logikanya sih sama dengan spesifikasi battery UPS.
    Dengan demikian usia battery bisa bertahan sesuai spesifikasi yang telah ditentukan oleh pabrik pembuatnya.
    Untuk battery UPS, ada yang usianya dirancang untuk 1,5 tahun, ada yang 2 tahun, ada yang 3 tahun, 5 tahun, 7 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun.
    Khusus untuk battery Laptop, saya tidak punya data, berapa tahun usia battery yang dirancang oleh pabrik pembuatnya.
    Katanya sih rata – rata cuma 2 tahun saja.

    Ada yang bisa memberikan koreksi atas pernyataan saya ini ???

    Salam,
    Adyanto Aditomo

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: