Beranda > Web Programming > HTML, client side…bukan user side!

HTML, client side…bukan user side!


Setelah setengah semester bersua dengan C++, kini PHP dan HTML yang menjadi teman sehari-hari, bahan browsing, tulisan dalam tugas dan obrolan dengan teman (Keep fight…aza!!!). Tugas besar semester ini adakah membuat web minimal serupa dengan web universitas pilihan kita, kelompok web design ku terdiri dari aku, youanda, dan diana. Pilihan universitas kami secara terurut adalah Univ Al-Azhar Indonesia, Univ Andalas, dan STMIK AKAKOM Bali. Untuk pemrograman web ini, materinya di bawakan oleh 3 dosen sekaligus, yang tentunya memiliki keahlian masing-masing. Hmm..alat bantu yang sampai saat ini digunakan adalah Adobe Photoshop 7, Adobe Photoshop Cs4, Macromedia Dreamweaver 8, XAMPP versi 1.7.1, notepad++ 5.5.1.
Sambil menunggu upload file-file di 4shared.com, ayo kita bahas sedikit pengenalan PHP dan HTML…tapi sebelumnya, bahas judul postingan ini dulu y…waktu kuliah praktikum pemrograman web design ini, pak dosen mengajukan pertanyaan, “apa perbedaan PHP dan HTML?”…dengan suara yang kecil bin takut salah aku jawab “kalau PHP bersifat server side”..”trus HTML?”…”ehmm, HTML, HTML itu user side”…dengan sedikit senyuman yang mendeklarasikan bahwa aku salah, keluarlah kalimat berikut: “bukan user side, tapi client side”…fiuhhhh…Jadi, intinya, kalau PHP itu bahasa yang hanya dapat dieksekusi di server, kan bersifat server side, sedangkan HTML dapat dieksekusi oleh semua client.
Berikut penjelasan lengkap tentang PHP dan HTML:

secara umum pemrograman web dapat dibagi 2, yaitu: client side scripting dan server side scripting. perbedaan dari kedua jenis script ini adalah pada bagaimana script tersebut di proses dan tentu saja dari sintaks program yang digunakan.

  1. client side scripting (CSS), merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan di sisi client. pengolahan disini berarti “di terjemahkan/ interpreted”. yang memiliki tugas untuk menterjemahkan script jenis ini disisi client adalah web browser. agar semua script yang masuk kategori ini dapat diterjemahkan oleh web browser maka didalam web browser terdapat sebuah komponen/ modul/ “engine” yang memiliki daftar pustaka (library) yang mampu mengenali semua perintah-perintah yang terdapat pada kategori client side scripting. berikut contoh web browser yang populer digunakan: internet explorer, mozilla firefox, opera., safari. berikut adalah contoh client side scripting: HTML (hypertext markup language), java script, XML (extensible markup language), CSS (cascading style sheet). client side scripting merupakan script yang digunakan untuk membuat halaman web statis.
  2. server side scripting (SSS), merupakan script yang pengolahannya (baca: diterjemahkan) di sisi server. server yang dimaksud disini adalah sebuah komponen yang biasa disebut web server yang didalamnya terintegrasi dengan sebuah mesin (engine)/ modul yang didalamnya terdapat daftar pustaka (library) yang mampu menterjemahkan script-script tersebut yang kemudian setelah di terjemahkan di server kemudian dikirim (ditampilkan) ke client (web browser) dalam format HTML (hypertext markup language). mesin (engine) tersebut harus di install terlebih dahulu karena mesin-mesin tersebut memiliki karakteristik yang berbeda untuk tiap script (bahasa pemrograman) yang digunakan. berikut contoh server side scripting: PHP (Hypertext Pre Processor), ASP (active server pages), JSP (java server pages). server side scripting digunakan untuk membuat halaman web dinamis. hal ini disebabkan karena server side scripting memiliki kelebihan, diantaranya: mampu berinteraksi dengan banyak perangkat lunak basis data (database), mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sistem operasi dan perangkat keras komputer, mampu dijalankan di semua sistem operasi (multi plattform), aman karena scriptnya di proses di server yang tidak dapat dilihat dari sisi client (web browser).
    Sumber:http://rudyantoarief.com/wp/?tag=server-side-scripting

Bagi yang berminat mempelajari PHP dan HTML berikut link untuk mendownload modulnya:
1. modul PHP
2. modul HTML
Oy..untuk kepanjangan PHP, ada banyak versi, ada yang menyebutkan bahwa PHP adalah singkatan dari PHP pre processor, berikut saya kutip penjelasan yang paling akurat menurutku:

Dulu “PHP : Personal Homepage Processor” hingga PHP F1, karena pertama kali dibuat memang untuk kepentingan website probadi si pembuat, semenjak 2 mahasiswa Israel yang buat engine Zend untuk PHP 3 ke atas berubah namanya menjadi PHP:Hypertext Pre Processor karena sekarang PHP tidak hanya untuk “Personal Home Page” tapi bisa untuk e-commerce, dan aplikasi web-base lainnya. Sumber: http://www.diskusiweb.com/viewthread.php?tid=5067

  1. Januari 1, 2010 pukul 12:21 pm

    sorry nih! mau tanya… khan katanya PHP itu server side script, dan dieksekusi si server khan??? trus yang mau saya tanyakan adalah :

    1.apakah source kode yang tampil di server dan client sama atau beda?
    2.PHP khan di eksekusi di server, trus bagaimana proses interpretnya di klien?

    memang pertanyaannya konyol, tapi harap maklum karna saya tak punya dasar pemrograman / orang awam

    • nayay18
      Januari 2, 2010 pukul 6:33 pm

      maaf y blzx lm…lg musim UAS… hmmm klo utk pertaxn pertama, jwbnx adl SANGAT beda, kalau di server kelihatan kode2 PHP-nya, kalau di client hx HTML-nya sj *msl kasus web programming*. trus pertaxn kedua, kalau di client hx bs mlht hasil eksekusi atw bs dblg tmpilan dari PHP itu, bkn kode PHP-nya tp hasil dari kode itu…wadddohh susah jg jelasknx …gmn klo tax om google heheh …sm2 belajar aj…

      mksh ats knjunganx…

  2. Januari 31, 2011 pukul 11:13 pm

    Hii. Makasih atas info blog ny ya.
    Bsa bwt bhan bljar uas ane nih.

    • nayay18
      Februari 2, 2011 pukul 5:05 am

      sm2…smg bermanfaat😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: