Beranda > Inovasi & Kewirausahaan > Profil Wirausahawan di Bidang TI

Profil Wirausahawan di Bidang TI


1.  Onno W. Purbo.


Nama                           : Onno W. Purbo.

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 17 Agustus 1962

Negara Asal                 : Indonesia

Terkenal sebagai         : Pakar dan Wirausahawan IT

Onno W. Purbo. lahir di Bandung, tanggal 17 Agustus 1962. Beliau adalah seorang tokoh yang kemudian lebih dikenal sebagai pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia. Beliau memulai pendidikan akademisnya di ITB (Institut Teknologi Bandung) pada jurusan Teknik Elektro tahun 1981. Enam tahun kemudian, beliau lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian beliau melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa PAUME.
RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian banyak gagasan yang telah dilontarkannya. Beliau juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional. Sebagai seorang pakar IT beliau telah menerima beberapa penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional seperti:

–     1992, masuk dalam buku ‘American Men and Women of Science’ R.R.Bowker, NewYork,  Amerika Serikat.

–     1994, diberitakan dalam profil peneliti, Kompas 26 Desember 1994.

–     1996, menerima ‘Adhicipta Rekayasa’ dari Persatuan Insinyur Indonesia.

–     1997, menerima ASEAN Outstanding Engineering Achievement Award dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO).

–     2000, masuk dalam buku ‘Indonesia abad XXI: di Tengah Kepungan Perubahan Global’ editor: Ninok Leksono, Kompas.

–     2002, Eisenhower Fellow dari Eisenhower Fellowship, Amerika Serikat.

–     2003, Sabbatical Award dari International Development Research Center (IDRC), Kanada.

–     2005, Ashoka (Amerika Serikat)

–     2008, menerima Gadget Award Exclusive Appreciation, dari majalah Gadget.

–     2008, menerima IGOS Summit 2 Award, dari Menkominfo atas semangat dan perjuangan menyebarluaskan pemanfaatan open source di Indonesia.

–     2008, masuk dalam buku ‘Indonesia 100 innovators’ Business Innovation Center.

2. Anjar Hardiena

Nama                              : Anjar Hardiena

Tempat, Tanggal Lahir    : Banjarmasin, 10 Mei 1977

Negara Asal                    : Indonesia

Terkenal sebagai            : Wirausahawan di bidang IT, Penemu Zencafe, Aktivis FOSS

Karya                              : Sistem Operasi Komputer ‘Zencafe’ dan ‘Adiva’, dll.

Anjar Hardiena lahir di Banjarmasin 10 Mei 1977. Beliau memiliki hobi ‘ngoprek komputer’ sejak masih duduk di bangku SMU. Saat ini beliau sedang menyelesaikan program S2 Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara. Pada tahun 1999 mendirikan perusahaan Tazakka Maju Mandiri yang bergerak di bidang “Computer Maintenance & Networking Support”.

Dengan kemampuan entreprenaurnya, saat ini, selain mengelola perusahaan Tazakka Maju Mandiri, beliau juga mengelola perusahaan Online Corporate Identity yang bergerak di bidang ‘webdevelopment, webhosting, webforwarding & promotion Kit’ dan sebuah usaha warung internet dan telekomunikasi yang menggunakan Linux sebagai operating system. Berbekal pengetahuan teknologi informasi (information technology/ IT) dan dukungan dari banyak pihak, saat ini beliau terlibat sebagai tim sukses berdirinya AWALI (Asosiasi Warnet Linux Indonesia). Organisasi lain yang diikutinya adalah KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia). Di samping bergelut di dunia wirausaha, beliau juga menulis beberapa artikel  baik di linux.or.id, wiraswasta online, dan beberapa website lainnya.

Salah satu karya yang mengharumkan nama bangsa adalah sistem operasi Zencafe yang dibawahi oleh salah satu distro Linux yakni Zenwalk. Dan hingga saat ini, beliau juga telah merilis sistem operasi komputer yang keduanya yakni ‘Adiva. Bersama dengan beberapa anggota KPLI dan AWALI, beliau turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan ILC (Indonesia Linux Conference) di Bali 16 November 2008 lalu untuk terus menyebarluaskan pengguanaan system operasi komputer Linux di seluruh Indonesia.

3. Bill Gates/ William Henry Gates III

Nama                                : Bill Gates/ William Henry Gates III

Tanggal Lahir                    : 28 Oktober 1955

Negara Asal                      : Amerika Serikat

Terkenal sebagai              : Penemu Microsoft Corporation

William Henry Gates III (dilahirkan di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955), lebih dikenal sebagai Bill Gates, adalah pendiri (bersama Paul Allen) dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Ia juga merupakan seorang filantropis melalui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007), namun sejak 5 Maret 2008 berada di posisi ketiga setelah pebisnis AS Warren Buffett dan pebisnis Meksiko Carlos Slim Helú.

Bill Gates dilahirkan di Seattle, Washington dari William Henry Gates, Jr., seorang pengacara, dan Mary Maxwell, pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way. Gates belajar di Lakeside School, sekolah elit yang paling unggul di Seattle, dan meneruskan berkuliah di Universitas Harvard, tetapi didrop out. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Mesin ini, yang disebut ASR-33, keadaannya masih pasaran. Pada intinya ini sebuah mesin ketik yang selanjutnya siswa bisa memasukkan perintah yang dikirimkan kepada komputer; jawaban kembali diketikkan ke gulungan kertas pada teletype. Proses ini merepotkan, tetapi mengubah kehidupan Gates. Dia dengan cepat menguasai BASIC, bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang ‘nerd’ (eksentrik),” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu.

Sekitar tahun 1975 ketika Gates bersama Paul Allen sewaktu masih sekolah bersama-sama menyiapkan program software pertama untuk mikro komputer. Seperti cerita di Popular Electronics mengenai “era komputer di rumah-rumah” dan mereka berdua yakin software adalah masa depan. Inilah awal Microsoft.

Semasa ia belajar di Harvard, ia dan Paul Allen menulis perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 dalam dasawarsa 1970. Altair merupakan komputer pribadi pertama yang sukses. Diberi inspirasi oleh BASIC, sebuah bahasa komputer yang mudah dipelajari dan ditulis di kolese Dartmouth untuk mengajar, versi Gates dan Allen kemudian menjadi Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan yang utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, yang menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft. Microsoft Basic pada nantinya dijadikan Microsoft QuickBasic. Versi Microsoft QuickBasic yang dijual tanpa kompiler QuickBasic dikenal sebagai QBasic. QuickBasic juga dijadikan Visual Basic, yang masih popular hingga masa sekarang.

Dalam awal dasawarsa 1970, Gates menulis Surat Terbuka kepada Penghobi (Open Letter to Hobbyists), yang mengejutkan komunitas yang mempunyai hobi pada komputer dengan menyatakan bahwa ada pasaran komersial untuk perangkat lunak/software dan bahwa software tidak layak dikopi dan digandakan tanpa izin penerbitnya. Pada masa itu, komunitas tersebut dipengaruhi kuat oleh dasar radio hamnya dan etika hacker, yang berpendapat bahwa innovasi dan pengetahuan patut dibagi oleh komunitas pengguna komputer. Gates kemudian mendirikan Microsoft Corporation, salah satu perusahaan paling sukses di dunia, dan memimpin arah kepada pembukaan industri software komputer.

Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik untuk caranya berdagang. Satu contoh ialah MS-DOS. Pada akhir dasawarsa 1970, IBM berencana untuk memasuki pasaran komputer personal dengan komputer personal IBM, yang diterbitkan pada 1981. IBM memerlukan sistem operasi untuk komputernya, yang direncanakan dapat mencakup dan mengelola arkitektur 16-bit oleh keluarga chip x86 Intel. Setelah berunding dengan sebuah perusahaan lain (Perusahaan Digital Research di California), IBM bertanya kepada Microsoft. Tanpa memberitahu tentang ikatan mereka dengan IBM, eksekutif-eksekutif Microsoft membeli sebuah system operasi x86 dari perusahaan Seattle Computer seharga $50,000. (Ada kemungkinan Microsoft dilarang IBM untuk memberitahukan tentang ikatannya kepada orang awam) Microsoft kemudian melisensikan sistem operasi ini ke IBM (yang menerbitkannya dengan nama PC-DOS) dan bekerja dengan perusahaan komputer untuk menerbitkannya dengan nama MS-DOS, pada setiap system komputer yang dijual.

Dalam dasawarsa 1980 Gates gembira atas kemungkinan penggunaan CD-ROM sebagai media penyimpanan dokumen, dan mensponsori penerbitan buku CD-ROM: The New Papyrus yang mempromosikan ini. Tidak dapat disangkal bahwa Bill Gates telah melakukan beberapa kesalahan dalam bisnis softwarenya. Hal ini terbukti dengan beberapa dakwaan yang diarahkan kepadanya berkaitan dengan cara – cara bisnis yang melanggar undang-undang bisnis Amerika Serikat, misalnya monopoli Internet Explorer pada sistem operasi Windows.

Pada tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO dan memandatkannya kepada kawan lamanya, Steve Ballmer. Gates kemudian memilih untuk kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu sebagai pencipta perangkat lunak. Kini Bill Gates menjadi Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaannya sendiri, Microsoft Corp.

4. Linus Torvalds

Nama                             : Linus Torvalds

Tempat, Tanggal Lahir   : Helsinki, 28 Desember 1969

Negara Asal                   : Finlandia

Terkenal sebagai           : Penemu Sistem Operasi Linux

Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. Dalam usianya yang ke 10, Linus mulai berkecimpung di dalam pemograman komputer, dengan menggunakan komputer milik kakeknya, Commodore VIC-20. Komputing pun menjadi hobinya. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University of Helsinki, Finlandia.Pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya,dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya. Saat itu, komputernya menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft), tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, seperti yang digunakan pada komputer milik unversitasnya. Akhirnya, dia memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan unuk PC dari UNIX.

Kerja keras selama berbulan-bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal sebagai Linux, yang kelak delapan tahun kemudian dikembangkan menjadi apa yang dikatakan oleh banyak pengamat sebagai ancaman bagi raksasa Microsoft yang sangat dikenal dengan sistem operasi Windowsnya.

Begitu Linus berhasil menciptakan versi kasar dari Linux, dia memposting pesan dalam internet untuk mengenalkan sistem barunya kepada pengguna PC yang lain. Linus membuat softwarenya dapat didownload secara percuma, dan, sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama software developer pada saat itu, dia merilis source codenya, yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing.

Linux segera memiliki banyak pendukung yang antusias, karena mereka dapat memiliki akses ke source codenya, dan dapat menolong Linus untuk memperbaiki dan menyempurnakan software tersebut.

Mengoperasikan Linux membutuhkan kecerdasan tehnik yang cukup, sebab mengoperasikannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer, seperti Windows, Mac milik Apple Computer, atau OS/2 milik IBM. Namun, karena para volunteer developer memuji diri sendiri akan kualitas kerja kerasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keungulan sebagai sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash.

Linux mendapatkan kejayaannya pada akhir 1990-an ketika para kompetitor dari Microsoft mulai mengembangkan sistem operasi tersebut secara serius. Perusahan Netscape Communication, Corel, Oracle, Intel dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mensuport Linux sebagai alternatif yang tidak mahal dari Windows. Saat skenario ini mulai terbentuk, pengemar Linux dan media menggambarkan Linus sebagai David yang maju melawan Raksasa, Bill Gates, salah satu pendiri dan pimpinan Microsoft.

Linus mengatakan dia tidak iri dengan kesuksesan keuangan dari Bill Gates, atau Microsoft. Pada tahun 1999, diperkirakan tujuh juta komputer beroperasi dengan menggunakan Linux, masih bisa didapatkan secara percuma,dan banyak perusahaan software besar mengumumkan berencana akan mendukungnya.

Dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta Corp., yang dimiliki oleh salah satu pendiri Paul Allen, bekerja dalam sebuah proyek yagn sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang beberapa serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft.

5. Michael Saul Dell

Nama                                    : Michael Saul Dell

Tempat, Tanggal Lahir  : Houston, 23 Februari 1965

Negara Asal                       : Amerika Serikat

Pekerjaan                           : CEO dan penemu Dell Inc.

Michael Saul Dell lahir di Houston, Texas pada tanggal 23 Februari 1965. Beliau adalah seorang pengusaha Amerika dan juga terkenal sebagai penemu dan CEO Dell, Inc. Dell merupakan anak dari seorang dokter gigi, ia memulai pendidikan akdemiknya di Herod Elementary School, Houston, Texas. Dell memulai mengoprek komputer pada usianya yang ke-15, saat itu ia mencoba untuk membongkar komputer Apple II miliknya, lalu menyusunnya kembali. Hal ini dilakukannya hanya untuk mengetahui sejauh mana ia bisa merakit sebuah komputer.

Saat duduk di Universitas Texas, Austin, ia membentuk kelompok komputer yang bernama PC’s Limited yang bermarkas di ruangannya, Dobie Center. Ia mulai menekuni bidang komputer, hingga pada usia ke-19 ia memutuskan untuk berhenti kuliah guna memfokuskan dirinya pada kelompok komputernya yang kemudian menjadi Dell Computer Corporation, dan terakhir menjadi Dell Inc pada tahun 2003. Minatnya akan dunia komputer telah membuatnya memilih untuk terjun ke dunia wirausaha.

Pengorbanan yang dilakukan Dell dan ketekunannya menggeluti dunia wirausaha telah membuatnya menjadi salah seorang pengusaha sukses di dunia. Kini Dell Inc tidak hanya memproduksi PC, tetapi juga berbagai alat elektronik lainnya seperti iPods dan laptop. Pada tahun 2005, ia tercatat sebagai orang terkaya ke-42 se-dunia.

  1. galieh
    Oktober 29, 2010 pukul 9:33 pm

    thx for info..

    • nayay18
      November 1, 2010 pukul 6:45 am

      sm2🙂

  2. Januari 29, 2011 pukul 5:56 pm

    siip infonya, salam kenal🙂

    • nayay18
      Januari 31, 2011 pukul 6:10 am

      salam kenal🙂

  3. puja
    Oktober 6, 2011 pukul 10:42 pm

    makasih infonya

    • nayay18
      Oktober 22, 2011 pukul 5:17 am

      iya sama2 =]

  4. puja
    Oktober 6, 2011 pukul 10:45 pm

    “makasih informasinya…

    • nayay18
      Oktober 22, 2011 pukul 5:18 am

      iya sama2 ya =]

  5. fernando mubaarak
    Oktober 9, 2011 pukul 5:04 pm

    nuhun pisan info na ..

    • nayay18
      Oktober 22, 2011 pukul 5:18 am

      iya sama2😀

  6. per
    Januari 26, 2012 pukul 11:27 am

    MINTA YANG LEBIH SPESIFIK MENGENAI TOKOHNYA EA,,,?>???

    • nayay18
      Januari 27, 2012 pukul 5:18 am

      coba tnya si mbah *google* untuk saat ini, sy lg tdk update blog, maaf ya🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: